Mengenai Saya

Senin, 02 Maret 2009

Milenium Tangkap 10 Kali Lipat

Milenium Tangkap 10 Kali Lipat

Sudah saatnya nelayan menggunakan jaring nilon multifilamen agar hasil tangkapannya optimal.

Untuk mencapai hasil tangkapan yang lebih baik, nelayan di Cirebon, Indramayu, dan sekitarnya mulai memanfaatkan jaring milenium (fishing net mono-multifilament) yang terbuat dari nylon multifilament twine. Jaring jenis ini menghasilkan tangkapan 10 kali lipat lebih banyak ketimbang jaring biasa.

Demikian diungkapkan Dedi Supriyadi, Kepala Seksi Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Cirebon, Jabar. Jaring ini, kata Dedi, merupakan hasil teknologi Korea yang dikembangkan H. Kartisa, seorang nelayan Indramayu. Setelah terbukti efektif, teknologi ini kemudian dikembangkan PT Arteria Daya Mulia (Arida) yang berlokasi Cirebon.

Bukan Modifikasi Trawl

Jaring yang diluncurkan ke pasar pada 2004 ini mendapatkan tanggapan positif dari nelayan di wilayah Cirebon dan sekitarnya. Menurut Dedi, di samping efektif, jaring milenium juga ramah lingkungan. “Pengoperasian jaring milenium mirip gillnet (jaring insang) yang pasif. Selain itu, jaring ini juga tidak menyapu dasar perairan sehingga selektivitasnya tinggi,” jelasnya.

Masih menurut Dedi, tingginya produktivitas tangkapan ikan jaring milenium lantaran simpulnya yang mengandung fosfor menyala di dalam air. Hal ini menarik ikan-ikan yang bersifat fototaksis positif terhadap cahaya, seperti tenggiri, tongkol, maupun ikan-ikan dasar (demersal) lainnya. Ia menambahkan, “Jaring milenium sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jadi, bukan merupakan modifikasi jaring trawl sehingga layak untuk dikembangkan.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar